Sabtu, 05 Februari 2011

Seranum warnanya, manfaatnya juga sudah teruji sejak lama.



Anggur
Sejarah anggur tak luput dari perhatian manusia. Tercatat dalam sejarah bahwa sejak 5000 tahun sebelum masehi, manusia telah memanfaatkan buah hitam manis ini. Di Mesir kuno, pengolahan anggur sudah dikenal sejak tahun 2500 SM. Buah yang tak kenal musim ini diduga berasal dari sekitar Armenia. Mereka memanfaatkan anggur sebagai buah dan minuman. Kata anggur sendiri sebenarnya merupakan serapan dari kata angur, bahasa India atau Persia.

Kandungan Gizi Anggur
Menurut The George Mateljan FoundationI, anggur dikenal sebagai buah-buahan yang mempunyai gizi sangat luar biasa, terutama kandungan vitaminnya seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, dan mineralnya seperti mango dan kalium.
Komponen Gizi
Kadar Per 100 Gram
Energi (kkal)
69
Protein (g)
0.72
Lemak total (g)
0.16
Karbohidrat (g)
18.1
Serat total (g)
0.9
Gula total (g)
15.48
Kalsium (mg)
10
Besi (mg)
0.36
Magnesium (mg)
7
Fosfor (mg)
20
Kalium (mg)
191
Natrium (mg)
2
Seng (mg)
0.07
Komponen Gizi
Kadar Per 100 Gram
Tembaga (mg)
0.13
Mangan (mg)
0.07
Selenium (mg)
0.1
Vitamin C (mg)
10.8
Thiaminl (mg)
0.07
Riboflavin (mg)
0.07
Niacin (mg)
0.19
Vitamin B6 (mg)
0.09
Folate total (mg)
2
Vitamin A (mg)
66
Vitamin E (mg)
0.19
Vitamin K (mg)
14.6

Mangan sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam metabolism lemak pembentukan jaringan ikat dan tulang, serta sintesis energy, sehingga membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah.

Kandungan vitamin C pada anggur juga cukup tinggi, 10.8 mg per 100 gram buah. Vitamin C dikenal sebagai senyawa tubuh yang dibutuhkan dalam proses penting, mulai dari pembuatan Kolagen (proses berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkutan lemak, pengangkut electron dari berbagai reaksi enzimatik, pemacu gusi sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemicu imunitas, selain untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal. Kebutuhan akan vitamin C pada perempuan dan pria dewasa masing-masing adalah 75 dan 90 mg per hari.

Vitamin B6 dalam anggur sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal, membantu membentuk protein, hormone, dan sel darah merah. Sedangkan kalium berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, membersihkan karbondioksida di dalam darah dan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh, sehingga tubuh menjadi segar.

Anggur Dalam Medis Modern 
    1.Anggur menjaga jantung tetap sehat
Membiasakan diri makan anggur ternyata membuat jantung tetap sehat. Flavonoid dalam anggurdapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat) 20 kali lebih kuat daripada vitamin E, yang selama ini dikenal sebagai antioksidan alami. Flavonoid merupakan senyawa fitokimia yang memberikan warna ungu pada sebuah anggur. Flavonoid terbukti mempunyai efek biologis yang sangat kuat sebagai antioksidan, menghambat penggumpalan keeping-keping sel darah, serta merangsang oksidasi nitrit yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Dalam majalah The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan mekanisme yang dilakukan oleh minuman anggur terutama minuman anggur merah dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung.

2.antilelah dan antivirus
Kandungan gula alami dalam anggur sangat tinggi, terutama glukosa dan fruktosa, maka tak heran jika anggur berasa sangat manis. Gula alami berkhasiat sebagai anti kelelahan dan hipoglikemia.

Selain itu, anggur juga diyakini dapat membantu penyembuhan berbagai jenis kanker dan sebagai obat antivirus. Menurut hasil penelitian dua orang mikrobiologis dari Kanada yang dipublikasikan dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology menunjukkan bahwa jus anggur dapat mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus, seperti influenza, polio, dan herpes simpleks tipe I. Hal itu karena konsentrasi tannin dalam buah anggur yang sangat potensial untuk membunuh dan menonaktifkan virus penyebab penyakit.

3.Penumpas kanker
Anggur terbukti dapat membantu kaum perempuan dalam mencegah sakit akibat pengobatan kanker payudara. Para dokter di Institute of Cancer Research membuktikan bahwa antioksidan yang terkandung dalam anggur dapat melindungi tubuh dari radiasi fibrosis, yakni pengerasan jaringan di sekitar payudara akibat radioterapi yang rasanya sangat menyakitkan. Kondisi ini dialami oleh ribuan perempuan di seluruh dunia setiap tahunnya.

Para dokter belum mengetahui apa yang menyebabkan radiasi fibrosis. Mereka menduga hal ini disebabkan oleh radikal bebas yang dilepaskan selama radio terapi. Radikal bebas ini bahkan dapat merusak DNA.

Penelitian Shiuan Chen, PhD, dari Beckman Research Institute of The City of Hope, melaporkan bahwa jus anggur berhasil menekan pertumbuhan sel kanker dengan mencegah sintesis hormone estrogen yang berperan besar dalam perkembangan kanker payudara. Melalui tes laboratorium, jus anggur terbukti mampu menghentikan produksi hormone estrogen dalam sel. Penelitian terakhir menggunakan tikus yang ditanam sel tumor menunjukkan bahwa tikus yang diberi 0.5 ml jus anggur selama lima minggu, ukuran tumor hanya sepertiga dari tikus yang tidak diberi jus anggur.

Menurut penelitian Agricultural Research Service, US Deparment of Agriculture, kandungan ptrestilbene pada buah anggur menunjukkan daya hambat yang kuat melawan kanker payudara dalam sel. Para ilmuwan Prancis juga menemukan bahwa pada anggur merah terdapat acutimissin A yang dapat menghambat enzim yang membantu terbentuknya sel kanker.

Fred Wortman dari Georgia memiliki pengalaman menarik ketika mengobati kanker ususnya dengan jus anggur. Pengalamannya tersebut dipublikasikan di media The Independence. Dia menjelaskan pengobatan itu dilakukan dengan minum jus anggur (dark concord) di pagi hari dan tidak makan apa-apa sampai siang hari. Minum beberapa teguk setiap 10 sampai 15 menit sekali. Setelah pukul 12 siang, makan seperti biasa. Tapi tidak makan apa-apa setelah pukul 8 malam. Karena makanan dapat menghilangkan zat-zat penyembuh yang terkandung dalam anggur. Dia melakukan hal ini setiap hari sampai sekitar dua minggu dalam satu bulan. Pengobatan dengan anggur dark concord ini dilaporkan efektif hamper 100 persen.

4.Senjata ampuh menangkal stroke
Selain menghambat produksi ET1, sebuah publikasi yang dikeluarkan oleh The North Eastern Ohio Universities College of Medicine melaporkan bahwa resvertrol pada anggur juga sangat bermanfaat untuk menghambat angiostensin II. Angiostensin II dapat mengakibatkan efek negative pada jantung karena menyekresi kolagen, sehingga dapat mereduksi kemampuan jantung memompa darah.

Sebuah publikasi pada Journal of Agricultural of Food Chemistry April 2006, menunjukkan bahwa resveratrol pada anggur dapat meningkatkan aliran darah ke otak hingga 30 persen, sehingga dapat mereduksi risiko penyakit stroke. Resveratrol juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

5.Tidur pun jadi pulas
Anggur sangat baik bagi mereka yang mengalami sulit itdur. Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormone yang dikenal bias mengatur jam biologis manusia. Hormone melatonin umumnya akan muncul di malam hari, sehingga mengantarkan orang untuk tidur pulas.

Makanlah Dengan Kulit dan Bijinya!
Jika anda mengonsumsi buah anggur, makan dengan kulit dan bijinya. Bukan tanpa alasan karena di dalam biji buah anggur ternyata mengandung zat antioksidan pycnogenol. Senyawa yang berfungsi sebagai penguat kolagen dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Senyawa ini juga bersifat antiaging sehingga proses penuaan dapat dihambat karena kemampuannya memperlambat mutasi sel.
Beda cerita dengan manfaat kulit anggur. Di dalam kulit anggur kaya akan kandungan flavonoid. Peran flavonoid dalam tubuh adalah merawat dan membersihkan pembuluh darah dari sumbatan sehingga risiko stroke dan darah tinggi bisa dihindari. Seperti riset yang dilakukan Jhon D. Folts, PhD dari university of Winconsin Medical School. Dalam temuannya terungkap, flavonoid anggur memiliki antioksidan yang lebih besar dibanding vitamin C. anggur juga tinggi kandungan mineral kalium. Mineral ini mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah serangan stroke.
Tapi hati-hati, sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum memakannya, karena sebagian besar buah-buahan yang dijual sudah terkontaminasi pestisida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

in this world, the most expensive thing is the health of our body and soul

Pages